UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Katolik ‘agama paling kredibel’ di Korea

September 28, 2010

Katolik ‘agama paling kredibel’ di Korea

Di luar Katedral Myeongong di Seoul, para imam menggelar protes terhadap proyek sungai dari pemerintah

Gereja Katolik adalah agama yang paling kredibel di Korea, demikian jajak pendapat baru-baru ini yang diterbitkan dalam sebuah majalah yang memuat isu paling populer saat ini.

Survei nasional yang dilakukan baru-baru ini oleh mingguan Sisain itu menunjukkan bahwa agama Katolik menduduki peringkat teratas sebagai agama paling terpercaya.

Ketika diminta “untuk memilih dua agama yang kredibel di Korea,” 57,6 persen responden memilih Katolik. Agama Budha mendapat suara 50,0 persen, Protestan 26,4 persen, dan Buddha Won, 6,2 persen.

Agama Budha Won adalah agama asli Korea.

Survei itu dilakukan bersama oleh majalah itu dan Media Research pada 1-2 September melalui wawancara telepon dengan 1.000 orang usia 19 tahun ke atas.

Di Seoul, agama Katolik mendapat suara 62,3 persen.

Gereja Katolik populer untuk setiap generasi, terutama generasi usia 50 tahunan yang memberikan suara 66,3 persen. Ini luar biasa.

Sisain mengatakan kredibilitas Gereja Katolik meningkat bukan saja karena meningkatnya jumlah umat Katolik, tetapi juga karena sikap Gereja Katolik menyangkut isu-isu sosial seperti oposisinya terhadap proyek sungai yang kontroversial dari pemerintah.

“Gereja membuat suaranya didengar menyangkut isu-isu sosial yang tidak berani disuarakan oleh agama-agama lain. Inilah yang membuat masyarakat mempercayai Gereja Katolik, dan ini jugalah asalah Gereja Katolik menjadi agama yang paling kredibel di Korea,” kata Peter Lee Young-sik, ketua tim media dari Konferensi Waligereja Korea, pada 27 September.

“Selain itu, citra bersih para imam Katolik dan kaum Religius, serta kesucian Gereja juga dipercaya masyarakat,” katanya.

Oleh John Choi, ucanews.com, Seoul, Korea Selatan

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi