UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

ASIA PEKAN INI: Uskup Hong Kong mengadakan perjalanan bersejarah ke Beijing

April 23, 2023

ASIA PEKAN INI: Uskup Hong Kong mengadakan perjalanan bersejarah ke Beijing

Uskup Hong Kong, Mgr. Stephen Chow Sau-yan, SJ, memulai kunjungan pertamanya ke China daratan pada 17 April. (Foto: Konferensi Jesuit Asia Pasifik)

 

Setiap akhir pekan, UCA News merangkum berita-berita utama terkait Gereja Katolik dari seluruh wilayah di Asia. Berikut adalah berita-berita utama selama pekan ini.

 

HONG KONG: Uskup Hong Kong mulai kunjungan pertama ke China

Uskup Hong Kong, Mgr. Stephen Chow Sau-yan, SJ, memulai kunjungan perdananya ke China daratan pada Senin. Perjalanan lima hari itu dilakukan di tengah tuduhan rezim komunis melanggar kesepakatan Vatikan-China terkait penunjukan uskup.

Di Beijing, delegasi Hong Kong yang dipimpin oleh Uskup Chow menghadiri acara doa untuk beatifikasi perintis misionaris Jesuit Italia, Matteo Ricci, yang dinyatakan ‘terhormat’ oleh Paus Fransiskus pada Desember lalu.

Uskup Chow sebelumnya mengatakan kunjungannya akan “menggarisbawahi misi Keuskupan Hong Kong untuk menjadi jembatan Gereja dan mempromosikan pertukaran dan interaksi antara kedua belah pihak.”

Kunjungan tersebut dilakukan saat ketegangan meningkat antara Vatikan dan rezim komunis China. Itu terjadi dua minggu setelah Vatikan menuduh rezim China melanggar perjanjian Vatikan-China tahun 2018 dengan melantik Uskup Haimen, Mgr. Joseph Shen Bin sebagai uskup Shanghai tanpa persetujuan Vatikan.

Uskup Bin dikenal sebagai tokoh pro-Beijing dan saat ini menjadi ketua Konferensi Waligereja China yang dikelola negara yang tidak diakui Vatikan.

 

INDIA: Pengadilan paksa keuskupan agung di India mengakhiri praktik endogami

Sebuah keuskupan agung Katolik di India selatan menandai berakhirnya praktik endogami yang telah berlangsung selama berabad-abad, melarang anggotanya menikah di luar komunitas Knanaya, mengikuti perintah pengadilan.

Selama sekitar 17 abad, umat Katolik di keuskupan agung itu menghadapi pengusiran jika menikah di luar komunitas.

Keuskupan agung tersebut didirikan untuk komunitas Katolik Knanaya yang mengaku berasal dari sekelompok emigran Yahudi-Kristen dari Kana di Mesopotamia Selatan yang datang ke Kerala pada abad keempat. Komunitas itu mempraktikkan endogami untuk menjaga “kemurnian garis keturunan mereka.”

Justin John menjadi orang pertama dari Keuskupan Agung Kottayam, Knanaya, yang menghentikan praktik endogami. Dia berpose untuk sesi foto dengan calon istrinya Vijimol Shaji selama pertunangannya di Gereja St. Fransiskus Xaeverius di bawah Keuskupan Agung Tellicherry pada 17 April. (Foto tersedia)

Namun, beberapa umat Katolik menentang praktik tersebut dengan menyebutnya diskriminatif. Pengadilan sipil di Kerala membatalkannya pada 30 April 2021, setelah pertarungan hukum yang panjang.

Keuskupan agung itu mengajukan banding terhadap perintah tersebut, tetapi pengadilan tinggi mendukung perintah pengadilan yang lebih rendah pada Maret tahun lalu.

 

PAKISTAN: Polisi di Pakistan tingkatkan keamanan di sekitar gereja

Polisi di Islamabad, ibu kota Pakistan meningkatkan keamanan di sekitar gereja Kristen menyusul serangan massa pada hari Minggu. Sekitar 40 pria bersenjata melempari Gereja Suara Yesus di kota Khokhar dengan batu bata. Para penyerang diduga menembakkan peluru saat salat Isya.

Tembok luar gereja terdapat tiga bekas peluru sementara gerbang dan jendela rusak. Sebuah kasus telah didaftarkan di kantor polisi setempat di bawah undang-undang anti-terorisme.

Pendeta Younas Masih dari gereja yang terkena dampak mengklaim serangan itu menyusul pelecehan terhadap putri dan putranya oleh sekelompok penjahat.

Perabotan berserakan di Gereja Suara Yesus di kota Khokhar, Islamabad, di ibu kota Pakistan, setelah diserang oleh sekelompok pria bersenjata saat shalat Isya pada 16 April. (Foto disediakan)

Polisi menolak untuk menerima serangan itu sebagai masalah agama dan menyebutnya sebagai “perkelahian antara anak-anak.” Insiden itu terjadi empat hari setelah kelompok militan, Tentara Pembebasan Baloch, menembak mati seorang Kristen dan menyebutnya sebagai mata-mata polisi terhadap mereka.

Pervaiz Masih yang berusia 55 tahun tewas di Turbat, Provinsi Balochistan, pada Rabu lalu. Anggota keluarganya menolak tuduhan itu dan mengatakan itu adalah kebohongan yang khas untuk menutupi kejahatan tersebut.

 

MALAYSIA: Warga Malaysia berduka atas wafatnya pemerhati lingkungan beragama Katolik

Warga Malaysia memberikan penghormatan kepada pelestari lingkungan Katolik kelahiran Inggris, Kenneth Robert Saxby Proud, yang mendirikan cagar alam pertama di Negara Bagian Sarawak yang mayoritas beragama Kristen dan terlibat dalam pekerjaan konservasi di Asia dan Afrika. Proud yang berusia 75 tahun meninggal pada Jumat lalu karena komplikasi terkait kanker.

Jenazahnya dikremasi setelah upacara pemakaman di Katedral St. Joseph di Kuching, ibu kota Negara Bagian Sarawak, pada Senin. Anggota keluarga mengatakan sesuai keinginan terakhirnya, abu Proud akan disebar “di antara alam di Sarawak.”

Pelestari lingkungan Katolik kelahiran Inggris Kenneth Robert Saxby Proud mendirikan cagar alam pertama di negara bagian Sarawak Malaysia yang mayoritas penduduknya beragama Kristen tahun 1975. (Foto: The Borneo Post)

Banyak yang memposting di media sosial untuk memberikan penghormatan kepadanya atas karya konservasi perintisnya. Lulusan ekologi, Proud datang ke Sarawak tahun 1970-an dengan rencana untuk mengimplementasikan proyek konservasi alam di kawasan hutan di Sarawak dan memantau spesies satwa liar utama. Dia membantu mendirikan Pusat Margasatwa Semenggoh tahun 1975. Dia juga menghabiskan banyak waktu untuk mendokumentasikan berbagai spesies hewan.

Proud juga terlibat dalam berbagai pekerjaan konservasi satwa liar di Filipina, India, Laos, Kamboja, Myanmar, Vietnam, Hong Kong, India, Kenya, Somalia, Sudan, Namibia, Tanzania, dan Mauritius.

 

KOREA SELATAN: Keuskupan di Korea mengekskomunikasi pengusir setan

Keuskupan Jeonju di Korea Selatan telah mengekskomunikasikan seorang pengusir setan Katolik, Raphaella Um Ok-soon, karena diduga melanggar ajaran Gereja Katolik dan menerima hadiah termasuk uang dari umat Katolik untuk doa penyembuhan.

Pengucilan itu dilakukan menyusul laporan dari para korban dan permintaan penyelidikan, kata sebuah keputusan yang ditandatangani oleh Uskup Jeonju, Mgr. John Kim Son-tae.

Selain memecat Um, keuskupan itu telah membentuk dua badan untuk menyelidiki tuduhan tersebut. Uskup Kim mengatakan setelah penyelidikan awal, ditemukan Um Ok-segera mengadakan pertemuan doa dari tahun 2003 hingga 2022 dan menerima hadiah seperti uang dengan dalih “menyembuhkan keluarga” dan “doa pribadi.”

Katedral St. Fransiskus Xaverius Jeonju, Korea Selatan terlihat pada foto ini. Keuskupan telah mengucilkan seorang pengusir setan Katolik karena melanggar ajaran Katolik. (Foto: UCA News)

Para korban Um berasal dari enam keuskupan – Seoul, Daejeon, Incheon, Suwon, Cheongju, dan Jeonju. Tindakan dari Keuskupan Jeonju ini muncul ketika gerakan sekte-sekte Kristen yang kontroversial di Korea Selatan mendapat pengawasan ketat setelah penayangan drama Netflix bulan lalu.

Serial ini mengungkap sisi gelap dari empat pemimpin sekte Kristen yang dituduh melakukan kegiatan ilegal termasuk penipuan dan eksploitasi seksual.

 

INDONESIA: Seorang guru agama Katolik di NTT melakukan pelecehan seksual terhadap siswa SD

Seorang guru agama Katolik awam di Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan dugaan kebiasaan menonton video porno dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap tujuh siswa sekolah dasar.

Guru berusia 26 tahun itu ditangkap oleh polisi di Kabupaten Ende di Pulau Flores di Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Senin. Dia dikabarkan mengajar di SD Katolik Jopu II.

Yance Kadiaman, Kasat Reskrim Polres Ende, dan anggota tim menghadirkan guru awam Katolik (baju oranye) yang dituduh melakukan pelecehan terhadap tujuh siswa sekolah dasar, kepada media pada 17 April. (Foto: Polres Ende)

Seorang pejabat polisi mengatakan ketujuh korban tersebut adalah anak di bawah umur berusia 11 hingga 12 tahun. Jika terbukti bersalah, guru tersebut dapat menghadapi hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Serangkaian pelecehan seksual terhadap siswa oleh guru telah dilaporkan di
Indonesia akhir-akhir ini, kebanyakan oleh guru agama. Setidaknya 10 kasus tercatat tahun ini yang melibatkan 86 korban, menurut Federasi Serikat Guru Indonesia.

Awal bulan ini, pimpinan pesantren di Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah, ditangkap karena diduga melakukan pelecehan seksual terhadap 15 santriwatinya.

 

FILIPINA: Para petani Filipina tuntut diakhirinya penimbunan beras dan keuntungan berlebihan

Federasi Petani Bebas di Filipina telah meminta pemerintah untuk bertindak melawan penimbunan beras dan pencatutan oleh pedagang yang tidak bermoral karena ahli iklim memperingatkan tentang musim kemarau yang berkepanjangan dan kemungkinan panen yang berkurang.

Administrasi Layanan Atmosfer, Geofisika, dan Astronomi Filipina memperingatkan bahwa El Nino, kondisi cuaca yang meningkatkan kemungkinan curah hujan di bawah normal serta musim kering dan kekeringan yang menghambat produksi tanaman, akan berlanjut hingga September.

Petani bekerja di sawah dekat Institut Penelitian Padi Internasional di Filipina dalam foto ini. (Foto: AFP)

Pimpinan federasi itu mengaku mendapat informasi dari berbagai provinsi bahwa para pengusaha menimbun beras untuk meraup keuntungan. Presiden Ferdinand Marcos, Jr. meyakinkan masyarakat bahwa harga beras akan tetap terkendali dan dipantau karena pemerintah siap mengimpor beras untuk menstabilkan stok untuk memberi makan sekitar 113 juta orang di negara itu.

Departemen Pertanian AS melaporkan produksi beras di Filipina pada 2022-2023 tetap sama sebesar 12,5 juta ton dan impor beras mencapai 2,8 juta ton.

 

MYANMAR: Jalan-jalan kosong di Myanmar akibat warga memboikot festival air

Orang-orang di Myanmar tinggal di rumah karena mereka menolak untuk berpartisipasi dalam festival air tradisional untuk menandai Tahun Baru Burma sebagai tindakan protes terhadap serangan udara militer mematikan yang menewaskan 168 warga sipil di negara yang dilanda konflik itu.

Jalanan tetap sepi di ibu kota Naypyidaw, Yangon, dan Mandalay pada Kamis lalu meskipun paviliun yang disponsori junta dibangun untuk memercikkan air ke kerumunan orang selama festival air Thingyan.

Seorang wanita dan putranya menyeberang jalan kosong selama festival air Tahun Baru Myanmar, yang dikenal sebagai Thingyan, di Yangon pada 13 April. (Foto: AFP)

Para aktivis pro-demokrasi yang memandang perayaan resmi sebagai upaya untuk menunjukkan kepada dunia bahwa negara Asia Tenggara telah kembali normal mendesak masyarakat untuk menjauh dalam solidaritas dengan mereka yang tertindas oleh penumpasan brutal militer. Hari libur umum untuk festival berlangsung dari 10 hingga 17 April.

Biasanya, festival air adalah perayaan yang menggembirakan di negara mayoritas Buddha ketika orang-orang dari semua agama berpartisipasi bersama, tetapi keadaan telah berubah sejak kudeta militer pada Februari 2021.

Kelompok-kelompok aktivis termasuk umat Katolik menyerukan kepada orang-orang untuk menandai peristiwa itu sebagai “revolusi” atau “pemogokan” dengan tetap tinggal di rumah.

 

KAMBOJA: Pihak berwenang Kamboja tolak laporan BBC tentang perdagangan orang

Pihak berwenang Kamboja menolak laporan BBC tentang perdagangan manusia oleh sindikat kriminal di kota pelabuhan selatan Sihanoukville.

Administrasi Provinsi Preah Sihanouk mengatakan penyelidikan diluncurkan sebagai tanggapan atas laporan 8 Maret oleh penyiar Inggris yang mengklaim bahwa empat warga negara China dikurung, disiksa, dan dipaksa melakukan penipuan asmara online.

 

Foto yang diambil pada 26 September 2022 ini memperlihatkan seorang pekerja pengiriman berdiri di depan Pusat Pemindahan Imigrasi di Sihanoukville di Provinsi Preah Sihanouk. Pihak berwenang mengatakan penyelidikan diluncurkan sebagai tanggapan atas laporan 8 Maret oleh BBC yang mengklaim bahwa empat warga negara China dikurung, disiksa, dan dipaksa melakukan penipuan asmara online. (Foto: AFP)

Pemerintah mengatakan video ‘Pig Butchering Romance Scam’ tidak mencerminkan realitas situasi saat ini dan menuduh bahwa itu membuat “kesimpulan yang salah dan tuduhan tidak berdasar.”

Scammers online sering menggambarkan korban mereka sebagai “babi”. “Menggemukkan babi” berarti meletakkan dasar untuk “menyembelih babi”, yang menunjukkan ekstraksi uang korban.

Taiwan, Vietnam, Indonesia, Thailand, Malaysia, Pakistan, dan China, serta berbagai kelompok hak asasi manusia, telah memperingatkan jaringan perdagangan besar yang memikat warganya ke Kamboja di mana sebagian besar diangkut ke Sihanoukville.

Sumber: Hong Kong bishops historic trip to beijing amid Sino-Vatican tension

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi